Plus minus dari Game Online

Plus minus dari Game Online

Oleh : I Wayan Kardiasa.


Pendahuluan : Dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi yang semakin meningkat dan dengan di barengi dengan perkembangan computer yang semakin meningkat pula. Maka dengan adanya spesipikasi computer yang bagus akan mendukung sekali untuk melakukan game, dan dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap internet. Ini akan memudahkan untuk melakukan game, khususnya game online. Game online merupakan fitur yang melengkapi dunia maya.

“Mereka bukan manusia, tapi saya senang bermain dengannya,” demikianlah slogan di sebuah game online. Dengan bermain game online mereka menemukan sahabat-sahabat baru. Bersama mereka, manusia dapat saling berdialog, saling bermain, bahkan saling adu-strategi dan bertempur. Aktivitas ini sangat alami dan sangat dekat dengan kehidupan manusia.

Apa sich yang dimaksud dengan game online dan chatting?. Dalam pengertian yang luas permainan game berarti “hiburan”. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.( 1)

Menurut Alan Shiu Ho Kwan (2000), setidaknya ada enam faktor yang melatari seseorang bermain games: adanya tawaran kebebasan, keberagaman pilihan, daya tarik elemen-elemen game, antarmuka (interface), tantangan dan aksesibilitasnya. Sejalan dengan makin membanjirnya para penggemar game ini, teknologi piranti untuk permainan ini pun berkembang kian pesat. Dari sekadar video game berbasis PC atau TV yang dimainkan sendiri atau secara bersama (multiplayer) di sebuah medium yang sama, kini mulai bergerak menuju permainan yang terhubung secara online. Artinya, seorang pemain (player) akan bisa adu strategi dan keterampilan dengan sejumlah pemain lain yang berbeda di belahan dunia yang lain. Ini di sebabkan oleh keberadaan internetlah yang memungkinkan hal itu terjadi.(1)

Tak salah lagi, game online akhirnya merupakan masa depan bagi para kreator game. Meskipun jalan menuju ke sana masih menemui kendala, terutama disebabkan oleh kemampuan teknologi yang belum maksimal, game online tetap menyimpan banyak harapan. Sony, Nintendo dan Microsoft misalnya, baru saja mengumumkan ambisi mereka untuk merancang suatu game interaktif — sesuatu yang sudah diprediksi banyak pakar sejak peluncuran Ultima Online tahun 1997.(1)

Selain itu, permainan games online yang melibatkan tim-tim international maju selangkah lagi ketika Sony Online dan NCSoft bergandengan tangan dalam mengusung EverQuest ke Asia. Jelas, ini akan menggerakkan potensi multikultural dunia yang akan saling tersambung dalam suatu permainan universal dengan pilihan yang beragam.(1)

Didasarkan pada waralaba Ultima yang kiprahnya cukup bagus, Ultima Online adalah genre game pertama yang sukses secara komersial. Sejak saat itu, segelintir game online — Everquest dan Lineage pengecualian utamanya – mulai mendatangkan keuntungan. Game online diperkirakan akan mampu mendongkrak keuntungan melampaui prestasi games tradisional berbasis CD yang mampu meraup US$ 6,5 miliar per tahun (1)

Era perkembangan Game :

* era awal game 1985, di tahun inilah masa-masa awalnya muncul game developer masih mengembangkan game dengan sangat-sangat kreatif karena bukan berorientasi kepada pasar namun kepada kebanggan hak cipta pribadi / sbg seni belaka. Contoh Game di era ini adalah RPG, 1st Shooter, Fighting, Sport, dan adventure. (2)

* Era perkembangan game 1995, di tahun ini game yang kreatif banyak bermunculan, contohnya Simcity, Mortal Kombat, Need For Speed 1, Death Track, Budokan, dan Lemmings. (2)

* Era penyempurnaan game 1999, di tahun ini banyak game yang bermunculan lebih bagus daripada era 1995, di tahun ini developer lebih kreatif dalam mengembangkan ide gamenya sehingga menjadi lebih menarik. Contohnya Age Of Empire Ii, Quake 2, Need For Speed 4, Half Life, Starcraft, Simcity 3000, Dsb.

* Era kebodohan game 2002, game yang berkembang tidak kreatif bisa dibilang hanya alih gambar, baik cerita maupun permainan relatif sama / semakin buruk contoh : AOMythology tdk sesukses AOE II, Heroes 4 Gagal. Disini banyak terjadinya penjiplakan. (2)

Tujuan dari adanya Game Online yaitu:

Untuk game online Umumnya gamer bermain game online untuk mendapatkan kesenangan dan kepuasan batin serta sebagai hiburan penghilang stres setelah seharian beraktivitas. Tetapi, sekarang ini sudah banyak gamer yang memanfaatkan game online buat nyari duit.(3)

Ada juga di gunakan untuk melatih skill anak untuk berbisnis, Sebuah penelitian yang dilakukan Brunei University mengenai dampak video game terhadap anak yang sering bermain video game mengungkapkan hal positif. Penelitian berfokus pada aspek perkembangan sosial anak di dunia nyata dan dunia virtual. Hasilnya, imajinasi anak makin meningkat, dan dapat memberikan pelajaran penting bagi anak muda dalam hal mengenal kebudayaan dan informasi lainnya. Game memungkinkan anak bertemu dengan gamer lain, sehingga banyak anak yang mendapat kesempatan untuk mengenal kebudayaan lain maupun informasi perlombaan game yang biasanya tidak mereka ketahui.

Sementara itu Dr. Bradford mengatakan bahwa game komputer membantu anak menghidupkan fantasi mereka yang sebelumnya belum bisa terwujud di dunia nyata. Game online juga memberikan pengalaman bagi anak dalam mendemonstrasikan dan mengembangkan keahlian berbisnis mereka secara online.(4)

Menghabiskan waktu dengan bermain game memang mengasikkan, Namun pada dasarnya game dibuat untuk melepaskan ketegangan dan kebosanan yang dihasilkan oleh aktivitas lainnya untuk kembali melakukan aktivitas yang lain dengan kondisi psikis yang lebih baik.

Pembahasan : Saat ini, media hiburan video games sudah semakin canggih. Tiga produsen mesin game terkini, sebut saja Sony “PlayStation 3”, Microsoft “Xbox 360”, dan Nintendo “Wii” berlomba-lomba meningkatkan fitur dalam mesin game mereka. Salah satunya dengan membenamkan layanan online yang memungkinkan konsol terkoneksi ke internet dan dapat dipakai bermain game secara online. Jadi, pemilik mesin game akan memperoleh berbagai fitur dan pengalaman tambahan dalam bermain game yang tak mereka dapatkan saat konsol offline. Sayangnya, ternyata tak semua pemilik konsol canggih tersebut menyadari, atau peduli terhadap fitur istimewa tersebut.(6)

Contoh-contoh game online Cabal Online adalah salah satu dari sekian banyak game Korea 3D akan segera beredar di Indonesia yang rencananya pada akhir tahun 2006. Game ini sangat digemari di Korea dan termasuk jajaran game top 10 di sana dibuat oleh ESTSoft. Cabal Online memiliki fitur gameplay yang mirip-mirip game konsol hack-n-slash. Meski Cuma terlihat pada trailer in-gamenya saja, Cabal Online tampak nyata sekali sebagai sebuah game yang mengemban permainan tipe cepat. Cabal Online adalah game yang kental dengan serangan kombo. Kombo ini pun masih berlaku ketika Anda mengubah target serangan, dan untuk menyerang banyak target sekaligus. Ketika kombo berjalan, efek special yang ditampilkan di movie sangat menakjubkan, kilatan cahaya dari kibasan pedang berkilauan di sekitar karakter, sampe kadang menutupi karakter dan targetnya. Kombo yang dilakukan pun sangat variatif, karakter seakan bernari dan bahkan kombo suka berlanjut ke udara. Kehebatan aksi kombo ini pun juga didukung oleh pilihan karakter yang tersedia, rata-rata karakter yang ada di Cabal Online sarat dengan kombo. Dimulai dari Warrior, Blader, Force Archer, Force Shielder, Wizard, dan Force Blader. Bagusnya, semua karakter ini memiliki tipe senjata yang unik, dan di Cabal Online senjata yang Anda gunakan dapat bermetamorfosa menjadi senjata yang lebih canggih lagi. Seperti misalnya Force Archer yang menggunakan panah, senjata ini pada level tinggi dapat berubah menjadi senjata ganda di mana peran Archer di sini berubah menjadi GunSlinger. Sebagai penutup, keunggulan Cabal Online juga terletak di spesifikasi PC untuk menjalankan gamenya. Bisa dibilang dasar pemikiran Kim pada sebuah game sangat simpel. Dirinya tidak mau memberikan sebuah game yang bagus tapi akhirnya menyiksa penggunanya dengan kebutuhan upgrade yang cukup menyiksa. Game ini nantinya masih bisa dijalankan di mesin ber-Pentium III 800MHz dan vicard middle-end. Meski grafis yang Anda terima tidak akan bagus, tapi semua ini masih bisa berjalan dengan lancar.(10) Dan sekarang yang lagi banyak penggemarnya yaitu game Ragnarok online. Sedangkan di cina game yang paling banyak digemari oleh para gamer adalah game Warcraft. Game Warcraft sendiri tersebar di 100.000 warnet dan dimainkan oleh sekitar 2,5 juta pemain game Cina.(7)

Keuntungan Bermain Game Online Dengan bermain game online kita bisa mendapatkan uang. Buat menghasilkan uang dalam game online, para gamer bisa menjual mata uang game, menjual rare item dalam game, menjual karakter yang memiliki status sempurna dan level yang tinggi untuk keperluan tertentu, sampai menjual program cheat atau BOT; program buat menjalankan karakter dalam game tanpa memainkannya. (3)

Untuk memproleh uang (mata uang game), biasanya para gamer berburu monster yang ada dalam game untuk mengeruk duit atau item yang dijatuhkan oleh monster untuk dijual di NPC (pedagang dalam game online). Setelah mendapatkan hasil penjualan, kemudian uangnya dikimpulkan untuk ditukarkan pada para gamer yang lagi membutuhkan. Atau kalau beruntung, dia akan mendapatkan barang langka atau barang bagus yang bisa dijual ke player lain dengan harga tinggi.(3)

Ada pun cara yang lain dari para gamer untuk mendapatkan uang yaitu dengan membuat karakter baru yang kemudian dikembangkan demean status yang lebih sempurna untuk berburu monster atau untuk PVP (player versus player). Setelah karate itu sempurna, gamer dapat menjualnya bagi yang membutuhkan. Ada gamer yang kreatif dengan mencari atau bahkan membuat sendiri cheat game online yang kemudian untuk dijual. Bahkan game Ragnarok Online, banyak para gamer atau game center yang menjual jasa pemasangan BOT, sejenis program yang di peruntukkan membuat karakter dalam game onliene yang dapat di gunakan untuk huting (berburu) monster sendiri dan mengambil item yang dijatuhkannya serta menjual item-item yang enggak perlu ke NPC. Sebenarnya program sejenis ini telah dilarang oleh penyedia game-nya. Kalau sampai ada yang ketahuan menggunakan program ini maka account game-nya akan terkena ban sehingga karakternya enggak bisa dimainkan lagi. Tetapi buat mendapatkan rupiah, sepertinya gamer pencari uang tidak peduli dengan hal itu. Apalagi sampai sekarang bisnis ini masih tetap berjalan.

Cara pemasarannya, untuk cara pemasarannya berbeda-beda, namun enggak terlalu sulit. Dengan memasang papan pengumuman dalam game tersebut (chat room) dan menyebutkan apa yang dijualnya ke gamer lain. Lalu mereka meminta bagi gamer yang membutuhkan silahkan meninggalkan alamat atau nomor telepon yang dapat dihubungi. Setelah itu biasanya mereka mulai ketahap transaksi lebih lanjut, namun dengan resiko karakteristiknya dihapus oleh GM (Game Master) jika transaksi ketahuan. Selain cara yang diatas ada juga gamer yang berbisnis dengan cara yang lebih aman dengan cara menggelar dagangannya di forum-forum game local, bahkan kadang ada juga yang dilingkungan game center langgannya saja. Dengan cara menuliskan apa yand dijulanya dan nomor teleponnya di white-board yang ada di game center tersebut.

Yang perlu dipertanyakan dari jual-beli atau bisnis di game online ini adalah apa sih keuntungannya bagi gamer yang membeli maupun yang menjual? Selain itu merugikan penyedia game-nya enggak?( 3)

Jawabannya yang jelas yang untung adalah penjual itu sendiri, terus keuntungan yang didapat bagi para penjual pastilah hasil penjualannya. Sedangkan penyedia game sebenarnya sih tidak dirugikan, tapi karena bisnis ini bisa merugikan pemain lain yang benar-benar ingin bermain dan bisa merusak komunitas game online, penyedia game online juga telah melarang jual-beli dengan rupiah. Sedangkan dari pihak pembeli, mereka juga mendapat keuntungan. Intinya bagi para pembeli adalah mereka mendapatkan kepuasan dalam memainkan game online tersebut. Misalnya untuk bermain game online biasanya awal karakter yang kamu mainkan pasti levelnya masih rendah dan belum memiliki perlengkapan seperti pakain, senjata, dan lain sebagainya. Nah dengan uang(mata uang game) yang kamu beli dengan rupiah, kamu bisa melengkapi senjata yang bagus sehingga kamu bisa melawan musuh atau monster yang levelnya lebih tinggi. Dengan begitu, level karakter yang kamu punya akan cepat naik. Sehingga anda sebagai pecinta game online akan terpuaskan. Bisa juga saat bermain, kamu melihat ada yang menjual senjata atau armor yang sangat bagus dan cocok dengan karakter yang kamu punya, tetapi uang kamu tidak cukup untuk membelinya. Kamu bisa membeli mata uang game demean rupiah dan kemudian digunakan untuk membeli perlengkapan tersebut. Karakter kamu akan jadi lebih keren, lebih kuat dan yang pastinya kamu puas!

Money Changer untuk mendapatkan uang dalam game online tidak harus memainkannya secara terus-menerus. Sebenarnya ada orang-orang tertentu yang memanfaatkan para gamer yang ingin menjual atau membeli mata uang dalam game. Biasanya ia hanya sekedar bermain untuk menolong para gamer yang ingin menjual mata uang game-nya maupun gamer yang membutuhkan uang untuk membeli barang-barang yang bagus untuk melengkapi keperluan karakter dalam game tersebut. Orang seperti ini menamakan dirinya sebagai Money Changer, yang fungsinya untuk menukarkan mata uang dalam game dengan rupiah atau sebaliknya.

Ada juga beberapa game online yang menggunakan mata uang yang berbeda, lewat pemasaran mata uang yang juga berbeda-beda. Tetapi umumnya Money Chenger mengetahui harga pemasaran mata uang untuk masing-masing game, dan biasanya ia selalu nongkrong di game center yang banyak di datangi para gamer. Kita bisa menghubunginya lewat game atau lewat HP, sebab untuk mempromosikan usahanya, biasanya mereka memasang berita do forum-forum game underground yang banyak didatangi para gamer.

Untuk melakukan bisnis seperti ini , gamer juga harus hati-hati karena penipuan tidak hanya ada di dunia nyata di dunia maya juga ada. Bahkan, di dunia game online penipuan lebih mudah dilakukan. Hal ini disebabkan pemain game online berasal dari berbagai daerah yang bebeda dan lokasinya berjauhan sehingga tidak saling kenal atau bahkan belum pernah ketemu sebelumnya. Inilah pemicu dalam sebuah transaksi, yang akhirnya malah merugikan banyak gamer yang ingin mendapatkan kepuasan atau keuntungan. Sebenarnya bisnis ini iligel dan dilarang oleh penyedia game. Bahkan, dalam peraturan setiap game online sudah disebutkan bahwa jual-beli dengan uang tidak diperbolehkan. Bagi yang melanggarnya akan dikenai sanksi yang cukup berat. Tetapi, karena aturan tersebut hanya sekedar tulisan belaka dan sanksi berat yang diberikan pun masih bi ditoleransi, bisnis ini masih berlangsung sampai sekarang.[3]

Adapun langkah-langkah untuk berbelanja dalam game online yaitu :

1. Masukkan ID dan password kamu seperti biasa.

2. Pilih Server dan Channel tempat karaktermu berada.

3. Pilih karakter yang akan dimainkan.

4. Klik tombol “Item Mall” yang berada di kiri bawah layar (atau pencet tombol Alt+Z). Lalu klik OK.

5. Masukkan “Nickname” kamu. Nickname dapat diisi dengan bebas (tidak harus sama dengan nama karakter), terdiri dari 3-16 huruf atau angka. Klik OK. Setelah Nickname didaftarkan, akan muncul pesan “Berhasil mendaftarkan Nickname”.

6. Pilih kategori Item Mall untuk melihat pilihan barang yang dapat dibeli.

7. Kamu dapat melihat keterangan Item Mall yang ingin dibeli dengan mengarahkan mouse kamu ke salah satu barang. Lalu klik “Beli”. Akan muncul kolom “Barang yang dibeli”. d. Masukkan password kamu (sama seperti password ID) ke kolom Password. e. Klik OK, dan barang akan secara otomatis masuk ke dalam Item Bank kamu.

8. Jumlah KOIN kamu akan berkurang sesuai dengan harga Item Mall yang telah kamu beli.

9. Klik “Item Bank” untuk melihat daftar barang yang telah dibeli. Drag/tarik barang yang ingin digunakan ke kolom CASH ITEM. Klik kiri pada barang yang telah kamu beli untuk menggunakannya. Kamu dapat melihat status efek Item Mall yang telah kamu gunakan.

Selamat berbelanja!!(8) dan semua gambar diambil dari http://www.sealindo.com/itemmall/panduan.asp.

Plus minus dari game online soal baik buruknya bermain video game, jika dibahas sampai tuntas tidak aka nada habisnya. Pro dan kontra akan selalu bermunculan terkait masalah ini.

Cina merupakan negara dengan penduduk yang gemar berinternet. Cina punya sekitar 111 juta pengguna internet aktif, terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Cina juga salah satu pasar game online terbesar di dunia, dengan jutaan pemain remaja dan anak-anak. Para pecinta game rela duduk berjam-jam di depan komputer, di warung internet.(7)

Dampak Negatif dari Game Online: Ada yang berpendapat bahwa dengan bermain game online itu akan membuat orang menjadi bodoh! Pernyataan ini datang dari tanah airnya video game, jepang. Menurut Profesor Ryuta Kawashima di Unversitas Sendai’s Tokohu menyimpulkan bahwa sound dan vision game-game Nintendo dapat merusak sebagian otak, walaupun tidak menstimulasi bagian lain. Bahkan Kawashima merasa cemas dengan generasi anak-anak berikutnya yang main game. Kegiatan ini berdampak munculnya kekerasan di masyarakat. Anak-anak akan berlaku yang lebih buruk lagi kalau mereka Cuma main game atau mogok belajar atau tidak suka membaca mapaun males untuk sekolah.

Contoh dari dampak bermain game online, di Beijing Distributor game online “Warcraft” di Cina, dituntut orang tua seorang bocah laki-laki 13 tahun yang mati setelah lompat dari gedung tinggi, usai bermain game tersebut selama 36 jam berturut-turut. Bocah(Zhang) ini meninggal pada tanggal 27 Desember 2004 setelah loncat dari gedung tinggi. Zhang meninggalkan pesan sebelum dia bunuh diri, dia berkeinginan untuk bergabung dengan para jaguannya yang ada di game tersebut.Kesimpulannya Zhang telah terpengaruh secara berlebihan pada game-game tak sehat dan mengalami kecanduan internet akut sebelum kematiannya. Pokoknya yang ada di benak mereka hanyalah game, game dan game. Baru-baru ini terjadi tiga kasus di Asia, di antaranya seorang pemuda pingsan di Warnet setelah berjam-jam bermain game online.(9)

Dampak lain dari game itu sendiri adalah para gamer akan mengalami radang jari tangan, membuat orang ketagihan alias kecanduan game. Mereka jadi malas bekerja, bersosialisasi demean teman, bahkan kehilangan nafsu makan. Fenomena ini sering terjadi di kalangan penggemar game berjenis Massive Online RPG (MMOPRG) seperti Ragnarok Online, Pangya, atau serial klasik EverQuest.

Untuk menghilangkan kebiasaan itu para pecinta gamer dapat menghilangkan dengan melakukan rehabilitasi bagi mereka-mereka yang mengalami ‘kecanduan internet’.

Dampak Positif dari game Online : Selain keuntungan dapat menghasilkan uang disini juga di jelaskan dengan bermain game online maka akan membuat orang pintar. Penelitian di Manchester University dan Central Lanchashire University membuktikan bahwa gamer yang bermain 18 jam per minggu memiliki koordinasi yang baik antara tangan dan mata yang hampir setara dengan kemampuan atlet. Dr. Jo Bryce, kepala penelitian menemukan bahwa hardcore gamer punya daya konsentrasi tinggi yang memungkinkan mereka mampu menuntaskan beberapa tugas. Penelitian lain di Rochester University mengungkapkan bahwa anak-anak yang memainkan game action secara teratur memiliki ketajaman mata yang lebih cepat daripada mereka yang tidak terbiasa dengan joypad.(9)

Rajin membaca, game dibuat bukan untuk menggantikan buku. Jadi, keluhan soal bermain game yang dapat menurunkan budaya membaca tidaklah beralasan. Justru kebalikannya. Psikolog di Finland Unversity menyatakan bahwa demean bermain game dapat membantu anak-anak untuk meningkatkan kemampuan baca mereka. Begitu pula gamer yang hobi memainkan game berjenis role-playing game (RPG) di konsol modern. Karena dengan dialog-dialog dalam RPG-RPG kenaman seperti Final Fantasty dan Phantasty Star dapat memacu otak untuk mencerna cerita.(9)

Membantu bersosialisai! Beberapa profesor di Loyola University, Chicago telah mengadakan penelitian dalam komunitas Counter Strike, game First Person Shooter PC yang telah dibuat versi Xbox-nya. Menurut mereka, game online dapat menunbuhkan interaksi social yang menentang stereotip gamer yang terisolasi. Sama juga dengan komunitas game RPG EverQuest dan Phantasy Star Online. Game-game ini menyediakan sarana interaksi social di kalangan anak remaja.(9)

Mengusir Setres. Politikus dan orang tua banyak yang menentang dengan kekerasan yang ada pada permainan game. Sebenarnya pendapat mereka itu salah, sebetulnya game itu merupakan salah satu cara untuk mengusir stress. Pertempurannya virtual, Senjatanya palsu, darahnya juga bohongan. Bahkan first-person shooter yang paling keras pun serba digital. Para peneliti di India Unversity menjelaskan bahwa dengan bermain game dapat mengendurkan ketegangan syaraf.

Memulihkan kondisi tubuh! Game terbukti dapat digunakan untuk pasien yang sedang mendapat terapi fisik. Pengenalan video game dalam terapi fisik ternyata sangat menguntungkan. Beberapa game di gunakannnya untuk membentuk otot sampai melatih anak-anak yang menderita diabetes sebagai pelengkap pengobatan medis.(9)

Bagaimanapun, pertarungan lewat game jauh lebih positif, konstruktif dan berbudaya, ketimbang misalnya invasi Amerika Serikat ke Afganistan yang menewaskan ratusan jiwa dan menunjukkan kemunduran bagi peradaban.(1)

Daftar Pustaka

1. http://thegadget.wordpress.com/2002/08/01/78467145-49-3/

2. http://www.kaskus.us/showthread.php?t=198095

3. http://www.kompas.com/kompas-cetak/0507/22/muda/1916234.htm

4. http://detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/07/tgl/05/time/095227/idnews/801402/idkanal/317

5. http://www.stuff.web.id/2007/08/terapi-untuk-pecandu-game-online.html

6. http://detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/08/tgl/28/time/120806/idnews/822605/idkanal/317

7. http://www.e-samarinda.com/forum/lofiversion/index.php?t932.html

8. http://www.sealindo.com/itemmall/panduan.asp

9. http://ardinugroho.blogspot.com/2007/05/plus-minus-maen-game.html

10. http://www.ketok.com/forum/viewtopic.php?=&p=2793

Biodata Penulis.

Email : dudik_ganteng@yahoo.co.id

Universitas Udayana, angkatan 2005, Fakultas Teknik Elektro, jurusan sistem computer dan Informasi.

7 responses to “Plus minus dari Game Online

  1. Tulisan ini sangat bagus, karena membahas tentang game online dengan begitu detail. Dari mulai sejarah, latar belakang orang bermain game, sampai dampaknya baik negatif atau positifnya.

    Aku baru tahu ternyata main game ada manfaatnya juga. Tadinya aku ga suka main game, karena beranggapan game online hanya akan menimbulkan dampak negatif saja.

    Good !!

  2. terima kasih buat temen-teman yang sudah ngisi komentar tentang artikel aku…mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi yang membutuhkan.

  3. aku juga main seal online kok

    minta cheatnya dunk

    cheat nya kok ga dibahas??

    baik buruknya cheat pada game online juga perlu loh

  4. Bagus………………….!!!!
    Tapi kata2nya jangan terlalu kaku..
    biar ga bosen liatnya…. okeh???

    maju terus!!!pantang mundur!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s